Pemrograman berorientasi objek atau dalam bahasa Inggris
disingkat dengan OOP (Object Oriented Programming) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan
kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam
class-class atau object-object. OOP sudah ditemukan sekitar tahun 1960 dan
dikembangkan pada permulan tahun 1970.
Berikut
merupakan istilah-istilah di dalam OOP:
- ObjectObjek adalah sesuatu yang memiliki identitas (nama), pada umumnya juga memiliki data tentang dirinya maupun objek lain dan mempunyai kemampuan untuk melakukan sesuatu dan bisa berkerja sama dengan objek lainnya. Pada dasarnya semua benda yang ada di dunia dapat dianggap sebagai sebah objek. Laptop, motor, kursi merupakan contoh-contoh objek. Objek merupakan implementasi dari class. Objek secara sederhana terdiri dari atribut dan method.
- ClassClass merupakan model yang berisi kumpulan atribut dan method dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Contoh class manusia memiliki atribut berat, usia, tinggi lalu memiliki method makan, minum, tidur. Method dalam sebuah class dapat merubah atribut yang dimiliki oleh class tersebut.
- AttributesAtribut adalah data yang membedakan antara objek satu dengan yang lainnya. Atribut sering disebut sebagai variabel. Atribut memiliki hak akses private, public, maupun protected. Dinyatakan sebagai private jika hanya dapat diakses secara langsung oleh kelas yang membungkusnya, sedangkan kelas lainnya tidak dapat mengakses atribut ini secara langsung. Dinyatakan sebagai public jika dapat diakses secara langsung oleh kelas lain di luar kelas yang membungkusnya. Dan dikatakan sebagai protected jika tidak dapat diakses secara langsung oleh kelas lain di luar kelas yang membungkusnya, kecuali kelas yang mengaksesnya adalah kelas turunan dari kelas yang membungkusnya. Sebuah class tidak harus memiliki atribut. Contoh pada class mobil, atribut bisa berupa warna, jenis, merk, dan lain-lain.
- MethodMethod adalah fungsi atau prosedur yang dibuat oleh seseorang programmer didalam suatu class. Pada sebuah method di dalam sebuah kelas juga memiliki izin akses seperti halnya atribut pada kelas, izin akses itu antara lain private, public, dan protected yang memiliki arti sama pada izin akses atribut yang telah dibahas sebelumnya. Sebuah kelas boleh memiliki lebih dari satu method dengan nama yang sama asalkan memiliki parameter masukan yang berbeda sehingga compiler dapat mengenali method mana yang dipanggil. Contoh method yaitu menghidupkan laptop dan berbagai tindakan lain.
- AbstractionAbstraksi adalah suatu cara untuk melihat suatu objek dalam bentuk yang lebih sederhana. Dengan abstraksi, suatu system yang kompleks dapat dipandang sebagai kumpulan subsistem-subsistem yang lebih sederhana. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.
- InstantiateInstantiation adalah proses mencetak objek dari class. Proses instantiation dilakukan dengan menggunakan keyword ‘new’. Hasil cetakan class akan disimpan dalam variabel untuk selanjutnya digunakan dalam proses pemrograman. Contoh: A a = new A();
- BehaviorBehavior atau tingkah laku adalah hal-hal yang bisa dilakukan oleh objek dari suatu class. Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu objek, menerima informasi dari objek lain, dan mengirim informasi ke objek lain untuk melakukan suatu tugas. Contohnya seperti zombie yang bisa berpindah, makan, dan lain sebagainya.
CONTOH PROGRAM CLASS
Dibawah ini merupakan contoh program yang menunjukkan class
Dibawah ini merupakan contoh program yang menunjukkan class
CONTOH PROGRAM BILANGAN PRIMA
Di bawah ini merupakan contoh sebuah program menentukan bilangan Prima dengan menggunakan konsep PBO
Di bawah ini merupakan contoh sebuah program menentukan bilangan Prima dengan menggunakan konsep PBO
- SOURCE CODE
- OUTPUT