Langsung ke konten utama

APSI-3-1-Quiz

Deskripsi McDonald's


       McDonald's Corporation yang terkenal dengan sebutan McD, adalah waralaba rumah makan siap saji terbesar di dunia. Hidangan utama di restoran ini adalah hamburger, namun mereka juga menyajikan minuman dan makanan ringan, seperti kentang goreng dan hidangan-hidangan lokal  yang disesuaikan dengan tempat restoran itu berada. Perusahaan McD telah menjadi salah satu perusahaan makanan cepat saji yang tersebar di seluruh penjuru dunia dengan konsep franchising, hampir 70% outlet yang menjual produk McDonald's adalah outlet franchising atau biasa disebut waralaba. 
      McDonald's saat ini telah memiliki 105 restoran. Selain cabang yang meluas, restoran ini juga melengkapi dengan layanan antar yang disebut MDS atau McDonald's Delivery Service. Sistem ini didesain untuk kenyamanan dan kemudahan pelanggan dalam memesan produk dari McDonald's, tanpa harus berkunjung ke restoran. Berbeda dari kebanyakan restoran McDonald's di luar negeri, justru McDonald's juga menjual ayam goreng dan nasi di restoran-restorannya di Indonesia.


Teknologi Informasi dan Sistem Informasi McDonald's
  • Teknologi Informasi
Hardware = Komputer, handphone, server
Software = Website, aplikasi McDonald's Delivery
Network = Jaringan Internal McDonald's Delivery
Data = Macam-macam produk, database untuk menyimpan profil pengguna, transaksi yang berlangsung
People = Para pengguna McDonald's Delivery
Process = Pesan produk McDonald's dengan jumlah berapa, lalu memproses total transaksi dengan logic dan algoritma dalam backend web ataupun dalam aplikasi tersebut.
  • Sistem Informasi
McDonald's Delivery merupakan salah satu contoh sistem informasi yang menyediakan produk-produk dari McDonald's, yang bertujuan agar para pelanggan tidak perlu susah-susah berkunjung ke restoran. Apalagi jika saat tengah malam, tiba-tiba merasakan lapar dan berbahaya untuk keluar khususnya kaum perempuan, sehinga dengan sistem informasi ini dapat secara mudah diakses secara online dimana saja dan kapan saja.

Terdapat 4 fitur pada McDonald's Delivery, yaitu :
  • Menu

Pada fitur ini, pengguna dapat melihat produk apa saja sekaligus dapat memesan produk dari McDonald's yang di inginkan. Dimana fitur ini memuat informasi berupa paket dan non paket yang dapat dipilih, dan juga terdapat harga di tiap produknya

  • Penawaran Menarik
    Jika di fitur ini, pengguna akan mendapat potongan harga atau diskon tertentu. Misal dengan menggunakan kartu tertentu akan mendapat potongan sebesar ini. Berbeda juga jika dengan menggunakan kartu yang berbeda akan mendapat diskon sebesar berapa persen.


    • Akun Saya

    Dalam fitur ini, pengguna akan melakukan registrasi bagi pengguna yang pertama kali menggunakan ini. Jika sudah pernah melakukan registrasi, fitur ini semacam login jika akan mau melakukan pemesanan.


    • Bantuan

    Pada fitur ini, pengguna akan mendapatkan beberapa informasi tentang syarat dan ketentuan, kebijakan privasi, serta pengguna juga dapat mendownload menu-menu yang ada di McDonald's. Selain itu, terdapat pula tanya jawab jika pengguna merasa kesusahan dalam penggunaannya.


    Klasifikasi dalam Sistem Informasi (O'Brien)
    Operating Support System
    • Transaction Processing System (TPS)
    TPS yang digunakan oleh McDonald's adalah Point of Sale (POS) System. Point of Sale adalah bagian yang paling vital dalam proses operasional, transaksi dengan konsumen yang melibatkan interaksi langsung dengan pelanggan dan database perusahaan secara simultan, kemampuan hardware dan software yang dapat di andalkan merupakan faktor kunci kelangsungan operasional. TPS yaitu suatu sistem yang menggunakan terminal elektronik cash register untuk menyimpan dan mengirim data entry penjualan pada semua jaringan yang langsung terhubungi dengan komputer pusat dan dapat diproses untuk keperluan cepat atau periodik. Pada prinsipnya, sistem operasional McDonald's merupakan aliran kerja yang diterjemahkan secara baku ke dalam proses otomatisasi.
    Pesanan pelanggan diterima oleh sistem POS yang akan dicatat oleh makaline station sebagai pengumpul data kolektif dari beberapa order station. Kemudian pesanan pelanggan akan diproses langsung oleh kitchen dengan hardcopy document transaksi sebagai perintah kerja. Semua data transaksi akan tersimpan didalam file server, sedangkan driver routing diperlukan sebagai pengawas kegiatan operasional yang akan dipantau langsung oleh headquater melalui jaringan WAN. 
    • Process Control System (PCS)
    PCS merupakan level manajemen yang melibatkan statistika dan teknik yang melibatkan pembuatan mekanisme dan algoritma untuk mengendalikan keluaran dari suatu proses tertentu dan bekerja pada sistem administrasi perusahaan yang dalam aplikasinya bertanggungjawab pada keberlangsungan perusahaan secara administratif, melakukan job description, melakukan payroll atau sistem gaji terpadu, dan sebagainya.
    • Decision Support System (DSS)
    DSS merupakan middle management didalam perusahaan yang dikembangkan secara khusus untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan jangka pendek, target laba, target penjualan, trend pasar berdasarkan trend produk, inovasi produk, dan sebagainya. DSS Merupakan suatu sistem yang memberikan dukungan komputer secara langsung kepada seorang manajer dalam proses pengambilan/pembuatan keputusan. Seorang manajer produksi dapat menggunakan DSS untuk menentukan berapa banyak produk yang akan diproduksi seperti pada perusahaan manufaktur, dengan didasarkan pada perkiraan penjualan dikaitkan dengan promosi yang akan dilakukan, lokasi dan ketersediaan bahan baku yang diperlukan dalam memproduksi suatu produk. DSS menyediakan informasi yang dibutuhkan bagi manager end-user secara interaktif dengan menggunakan berbagai model analisis, simulasi dan lain sebagainya. Bagi Mc Donald’s sendiri penggunaan DSS terlihat ketika setiap store manager dapat memonitor performance sistem secara langsung dan interaktif, juga dilengkapi dengan management tool analysis dalam menganalisa business forecasting dan manajemen persediaan.
    • Expert Support System (ESS)
    ESS merupakan top level pada suatu perusahaan, yang mana menjalankan tugasnya sebagai staff ahli atau expert staff yang melakukan keputusan jangka panjang, jenis produk yang dilakukan dalam kegiatan usaha, jenis bidang usaha yang dilakukan, dan sebagainya.



    Management Support System

    Berikut ini merupakan gambaran tentang level dalam sistem informasi pada McDonald's :





    • Executive Information System (EIS)
    First Manager : pemimpin perusahaan


    • Decision Support System (DSS)
    Marketing Manager : bagian pemasaran
    Finance Manager : bagian keuangan
    Second Manager (HRD Manager) : bagian SDM


    • Management Information System (MIS)
    Programmer : pengelola sistem dan program


    • Transaction Processing Systems
    Kitchen : bagian dalam membuat produk 
    Crew Counter : melayani konsumen
    Delivery : pengguna dapat menggunakan secara mudah dengan menggunakan pemesanan secara online.